Rangkaian Sensor Robot Line Follower Aktif Low

Saya beri judul sensor photodioda aktif low karena ketika photodioda terkena pantulan cahaya yang banyak maka keluaran dari rangkaian sensor ini adalah logika 0 atau low. Rangkaian ini merupakan rangkaian yang sering saya gunakan pada robot line follower saya. Untuk setiap sensor membutuhkan 2 buah Resistor, 1 buah LED dan 1 buah Photodioda

Pada Bidang Gelap
cara kerja sensor cahaya robot line follower atau lf

Pada bidang gelap pancaran cahaya dari led tidak memantul sempurna karena sifat warna gelap adalah menyerap cahaya hal tersebut dapat kita rasakan ketika panas matahari yang terik dan kita menggunakan pakaian hitam, maka tubuh kita akan terasa sangat panas. Kembali ke topik ketika cahaya yang memantul pada photodioda sangat sedikit maka hambatan phothodioda akan semakin besar mendekati tidak terhingga sehingga dapat dianalogikan tidak terdapat sambungan sehingga tegangan arus akan langsung mengalir ke output sehingga tegangan output menjadi 5 Volt atau High(logika 1).

Pada Bidang Terang
cara kerja sensor cahaya robot line follower atau lf
Pada bidang terang cahaya dari led akan memantul sempurna sehingga resistansi photodioda akan menjadi sangat kecil mendekati 0 Ohm sehingga dapat dianalogikan menjadi rangkaian hubung singkat dan arus akan langsung mengalir ke ground sehingga tegangan output menjadi 0 atau Low(logika 0).

Komentar