Komparator

Komparator merupakan sebuah rangkaian pembanding dimana cara kerjanya adalah membandingkan antara dua buah sinyal masukkan. Komparator dapat dibuat dari IC OP-AMP tetapi ada juga IC yang dikhususkan sebagai komparator dan tetunya memiliki kelebihan dibandingkan dengan komparator menggunakan IC OP-AMP. Berikut ini simbol dari OP-AMP bagi yang belum kenal, tapi jika sudah kenal gak usah kenalan lagi hehehe.
Simbol OP-AMP Untuk Komparator

Bagaimanakah cara kerja dari komparator itu sendiri? Lihat gambar berikut ini.
Komparator Output High

Ketika input positif (non-inverting) lebih besar dari input negatif (inverting) maka output dari komparator akan setara dengan vcc, karena pada rangkaian digital vcc maksimal adalah 5 Volt maka dapat dikatakan pula output dari komparator dalam rangkaian digital adalah high. Bagaimana supaya output dari komparator tersebut menjadi low/0 Volt. Perhatikan gambar dibawah ini.
Komparator Output Low

Ketika input positif (non-inverting) lebih kecil dari pada input negatif (inverting) maka output dari komparator akan bernilai low atau 0 Volt.
  • Apa saja kegunaan dari komparator?
    - Frequensi Counter.
    - Pengkondisi sinyal pada robot line follower tanpa adc.
    - Indikator batrai.
    - dll.
NB : Terdapat beberapa perbedaan antara OP-AMP satu dan yang lain sehingga dalam mendesain sebuah komparator lebih baik anda membaca datasheet terlebih dahulu karena terdapat IC yang open kolektor sehingga perlu ditambahkan sebuah resistor pull-up pada output.

Komentar