Resistor

Resistor merupakan suatu komponen yang sangat penting dalam rangkaian elektronika, walau komponen ini merupakan komponen yang paling murah dan terlihat sepele tetapi tanpa adanya resistor maka suatu rangkaian tidak akan dapat bekerja. Berikut ini merupakan bentuk resistor pada umumnya :

Resistor

Karena tidak memungkinkan diletakkan tulisan dibadan resistor maka pada sebuah resistor terdapat gelang warna untuk menyatakan data-data yang dimiliki resistor tersebut, data tersebut meliputi resistansi dan toleransi nilai dari resistansi yang dimilikinya serta koefisien suhu pada resistor yang memiliki 6 gelang warna.

Mengapa resistor mempunyai toleransi? Dalam pembuatan resistor , nilai resistansi tidak selalu tepat seperti yang diinginkan sekalipun pabrik handal yang membuatnya. Toleransi tersebut sangat bervariasi mulai dari 0.1 sampai 10%. Yang dimaksud toleransi disini adalah nilai sebenarnya yang dimiliki resistor bisa lebih atau kurang dari nilai yang terbaca dari gelang warna resistor. Misalkan resistor x memiliki toleransi 10% dengan nilai yang terbaca sesuai dengan gelang warna 330 Ohm maka nilai resistor tersebut berkisar antara 10% kurang atau lebih dari 330 Ohm.

Berikut ini merupakan cara menghitung nilai resistansi berdasarkan gelang warna pada resistor.

Cara Menghitung Resistor

Jika ada yang kurang jelas bisa corat-coret pada kolom komentar dibawah.


Komentar