Belanja Pertama di Aliexpress dengan DOKU Wallet

Awalnya saya membutuhkan alat ukur kapasitor yang bisa mengukur sampai 10 pF (kalau mau tau apa itu pF bisa baca artikel saya mengenai kapasitor disini). Alat ukur tersebut saya perlukan guna memperbaiki radio jadul yang sudah lama rusak, setelah saya mencari-cari mulai dari si hijau sampai si merah gak nemu yang bisa mengukur sampai 10 pF dan di mbah google yang muncul malah barang di Aliexpress sehingga saya coba beranikan diri untuk membeli barang dari luar negeri, lagian harganya tidak terlalu mahal, bebas ongkos kirim dan tetunya tidak kena pajak karena bagi setiap pelanggan olshop luar negeri yang menjadi momok adalah pajak hehehe (maaf pemerintah).

Perlu diketahui belanja barang diluar negeri tidak kena pajak asalkan harganya dibawah 50 dolar Amerika.

Jadi kalau mau belanja pilih-pilih yang harganya dibawah 50 dolar dan bebas ongkir tentunya itu saran saya hehehe. Ok basa-basinya cukup sampai disitu langsung saja kita bahas. 

Langkah Peratama
Karena saya tidak memiliki kartu kredit maka saya daftar di DOKU Wallet untuk pembayaran ke Aliexpress, cara daftarnya mudah cukup yang penting punya nomor handphone dan email. Jika tidak punya nomor handphone bisa pinjam dan kalau tidak punya email tinggal buat email disini. Sudah punya keduanya langsung lanjut klik DOKU Wallet, kemudian akan mucul tampilan seperti dibwah ini.


Isi semua formnya jangan lupa dicentang syarat dan ketentuan serta isi captcha kemudian ikuti terus instruksi yang diberikan sampai selesai. Setelah punya account di DOKU Wallet lanjut ke website Aliexpress, pilih barang yang akan dibeli kebetulan saya membeli Cappacitane Metter seperti gambar dibawah ini.


Sebelum menekan tombol Buy Now pastikan kita sudah login ke akun kita di Aliexpress jika belum maka kita akan disuruh login terlebih dahulu dan jika belum punya akun bisa daftar dulu disini,  Jika sudah daftar kemudian tekan tombol buy now, jika kita belum mengisi alamat maka kita akan disuruh untuk mengisi alamat seperti pada gambar dibawah ini.


Setelah semua form terisi pilih Save and ship ti this address kemudian kita disuruh memeriksa kembali barang yang akan kita beli seperti pada gambar dibawah ini.


Geser kebawah kita akan diberikan metode pembayarannya seperti pada gambar dibawah ini.


Pilih Other payment methods dibagian bawah kemudian tekan tombol Confirm & Pay perlu diperhatikan sebelum menekan tombol anda harus Login dulu ke akun DOKU Wallet milik anda dan pastikan saldonya mencukupi untuk melakukan pembayaran.

Ok dan tinggal tunggu. Setelah 2 minggu kemudian datanglah Bapak-bapak berseragam oranye sepertinya dia adalah pegawai BUMN. Ternyata dia adalah Pak Pos yang mengantarkan barang pesanan saya dengan meminta ongkos 20 rebu, saya awalnya bertanya-tanya ini gratis ongkir kok masih minta ongkos rupanya untuk proses sorting dan pengepakan ulang kata pak posnya dan setelah saya baca testimoni kawan-kawan seperjuangan ternyata memang tahun-tahun terakhir biayanya menjadi 20 rebu tetapi jika biaya sudah tercover oleh biaya pengirim biasanya bisa lebih murah atau bahkan tanpa kena biaya. Seingat saya dulu, saya pernah ikutan get free ubuntu CD pada tahun 2009 pak posnya minta biaya packing ulang 7 rebu kalau sekarang jadi 20 rebu mungkin itu hal yang wajar. Jadi untuk teman-teman yang ingin belanja di luar negeri tidak usah bingung lagi asal jangan lupa juga lihat rating sellernya supaya tidak tertipu dan pastikan harga baranya dibawah 50 US dollar supaya bebas pajak wkwkwk. Berikut gambar barang yang saya beli.


Ok sampai disini testimoni saya untuk barang yang saya beli nanti akan saya buatkan reviewnya jika ada pertanyaan atau saran jangan lupa tulis dikomentar.

Komentar

  1. Yakin sukses belanja di Aliexpress pake Doku kang?
    Ko aing error mulu ya?
    Pas abis "Other Payment Method" terus klik "Pay Now" kena error : ISC_RS_5100102051.

    Bisikin tipsnya dong kang :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum pernah ngalamin sendiri sih tapi coba cek dulu seller biasanya seller sudah tidak melayani pengiriman ke Indonesia tapi kalau seller masih melayani kiriman ke Indonesia maka buat lagi akun aliexpressnya biasanya akun kita yang error ini tips dari yang pernah ngalamin hal serupa.

      Hapus

Posting Komentar