Analog Multiplexer/Demultiplexer

NB : Multiplexer yang kita bahas disini merupakan dasar dari multiplexer (multiplexer yang biasa digunakan pada sensor robot Line Follower) dan untuk multiplexer yang berhubungan dengan frekuensi akan kita bahas di artikel yang lain.

Multiplexer dapat dianalogikan sebagai saklar putar yang digunakan untuk memilih input yang akan kita hubungkan ke output dimana kita memiliki banyak inputan yang berbeda untuk 1 output. Berbeda dengan Demultiplexer dimana terdapat satu inputan untuk beberapa output yang berbeda. Supaya tidak bingung kita akan focus pada IC Multiplexer/Demultiplexer keluarga 4051, IC ini bisa digunakan sebagai multiplexer maupun demultiplexer. Berikut datasheet dari CD4051B

Datasheet CD4051B

Kaki dengan keterangan A, B, dan C merupakan selector. Kaki INH merupakan singkatan dari Inhibit jika nilainya logika high atau 1 maka input maupun output tidak terhubung sama sekali. Untuk lebih memperjelas perhatikan analogi dibawah ini jika IC CD4051B difungsikan sebagai multiplexer.
Rangkaian Multiplexer CD4051B
Input 0 sampai 7 pada kaki 13, 14, 15, 12, 1, 5, 2, 4. Sedangkan selector akan berfungsi ketika Pin Inhibit (INH) bernilai logika nol jika bernilai logika 1 maka tidak ada yang input tidak ada yang terhubung atau selector tidak berfungsi. Selektor A B C (Pin 11 10 9) Mewakili bilangan biner seperti pada tabel dibawah.

Tabel kebenaran multiplexer

Jika IC CD4051B difungsikan sebagai Demultiplexer makan analoginya tinggal dibalik seperti pada gambar dibawah ini.
Rangkaian Demultiplexer CD4051B
Untuk pin dan tabel kebenarannya tetap sama hanya inputnya dijadikan output dan output dijadikan input. Jika ada pertanyaan atau saran silahkan tulis dikolom komentar.

Komentar